Rabu, 09 November 2016

Donald Trump Presiden AS, Silicon Valley Terguncang

Donald J Trump menang! Demikianlah kabar terpanas sejak hari Rabu lalu (9 November 2016 WIB), siang hingga malam. Ya, Donald J Trump, kandidat presiden Amerika dari Partai Republik, berhasil mengungguli calon presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton. Ia sudah mengumpulkan 279 electoral college, padahal yang dibutuhkan hanya 270 dari 538 suara yang diperebutkan. Ia juga menang dalam suara popular vote atau suara asli dari setiap pemilih di Amerika Serikat. Sudah dipastikan Donald Trump adalah presiden terpilih AS, ia adalah presiden k-45 dan akan dilantikpada Januari 2017 mendatang, dan menjabat hingga 2021. Bagaimana kalangan teknologi dan sains menyikapi hasil tersebut?

Ternyata tidak semua orang senang. Hasil pemilu AS bahkan disambut banyak penolakan. Salah seorang diantaranya adalah investor terkenal di industri teknologi, Shervin Pishevar. Shervin bilang ia bakal memodali kampanye untuk mendirikan California sebagai negara sendiri di luar Amerika. Dia tak rela California menjadi negara bagian di bawah naungan AS pimpinan Trump. California adalah state dengan suara paling besar, 55 electoral votes, dan dimenangkan Hillary. California juga  menjadi tempat kawasan industri teknologi Silicon Valley. Negara bagian AS tersebut diproyeksikan sebagai kawasan ekonomi terbesar ke-6 di dunia berkat perkembangan bisnis teknologinya.

Rencana besar Pishevar itu dicuitkan lewat akun Twitter personalnya, Kamis (10/11/2016).
Pishevar adalah investor awal layanan ride-sharing raksasa Uber. Ia kerap berperan sebagai angel investor untuk startup perusahaan teknologi yang baru lahir.

Pishevar tidak sendiri. Beberapa pesohor juga mengeluarkan pernyataan tegas menyikapi terpilihnya Trump sebagai Presiden AS ke-45. Tiga diantara mereka adalah aktor Samuel L Jackson, penyanyi Miley Cyrus, dan pelawak Jon Stewart.

Mereka sesumbar bakal pindah warga negara jika Trump menang. Namun sampai sekarang, sesumbar itu belum terbukti, emang gampang pindah warga negara.

Trump akan dilantik secara resmi menggantikan Barrack Obama pada tanggal 20 Januari 2017. Wakil presiden terpilih adalah Mike Pence, sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Indiana. Mike Pence adalah Wakil Presiden AS ke-48.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar